Sunday 6 January 2013

Kemarilah, ke KWT Pertiwi :)


Rumahku berada di kawasan yang bisa di bilang pegunungan, meski tidak gunung-gunung amat sih.. hehehe. Mayoritas masyarakat disini adalah para petani yang menggarap sawah, dan ada juga beberapa petani yang sekaligus menjadi peternak. 

Semenjak pensiun, papah memilih berwirausaha yaitu menjadi petani jamur. Sedangkan mamah merupakan pegawai negeri sipil (PNS) yang juga turut suami untuk concern terhadapat pertanian. 

Mamah seakan tidak mau kalah dengan papah yang tergabung dalam kelompok tani. Pada sekitar tahun 2008, mamah beserta sudara-saudara yang ada disini mulai mendirikan kelompok wanita tani. apa itu kelompok wanita tani? Kelompok Wanita Tani atau yang sering disingkat KWT, adalah salah satu bentuk kelembagaan petani yang para anggotanya terdiri dari  wanita-wanita yang berkecimpung dalam kegiatan pertanian.  Berbeda dengan kelompok tani yang lainnya, kelompok wanita tani dalam pembinaannya diarahkan untuk mempunyai  suatu usaha produktif dalam skala rumah tangga yang memanfaatkan atau mengolah hasil-hasil pertanian maupun perikanan, sehingga dapat menambah penghasilan keluarga.

kelompok wanita tani (KWT) yang di dirikan mamah dinamakan Pertiwi. KWT Pertiwi ini tentunya mengalami pasang surut dalam perjalanan dan perkembangannya. Seperti sempat mengalami kekosongan kegiatan karena ketidak-aktifan para anggota, kendala dalam produksi serta pemasaran produk, dll. Namun semangat untuk menjadi produktif kembali terus di gelorakan oleh mamah dan bi Rina yang merupakan adik mamah yang kedua.

alhasil, kini KWT Pertiwi sudah lebih berkembang dibanding sebelumnya. Kini, KWT Pertiwi memiliki demplot atau contoh kebun yang ditujukan untuk Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP). Di kawasan demplot tersebut terdapat banyak tanaman yang di tata rapi, ada kolam lele, ada kelinci, dan ada juga kandang kambing yang baru selesai di buat. kwt Pertiwi juga mulai memiliki kumbung jamur sendiri yang tentunya bekerja sama dengan pondok Jamur Tiram RICHKY.


Inilah Demplot KWT Pertiwi


mamah yang sedang menyirami tanaman dengan cinta :)


papah yang sedang membantu membersihkan kolam lele



Saung yang biasa digunakan untuk rapat, pertemuan,
 dan juga makan bersama saat menyantap nasi liwet


deretan tanaman yang di tata rapi
Tanaman Ginseng Lokal


Bi Rina yang sedang memberi makan kelinci

Kumbung Jamur KWT Pertiwi

Dari segi kegiatan pengolahan pasca panen, produk-produk yang mulai di hasilkan kwt pertiwi,   yaitu :

  • membuat nugget Jamur Tiram berlabel RICHKY/KWT PERTIWI 
  • membuat kerupuk Jamur Tiram
  • membuat keripik pisang kastroli yang sangat renyah, 
  • membuat kerupuk kulit pisang kastroli

begitulah sekilas mengenai KWT Pertiwi yang ada disini. 
ayo teman-teman, kemarilah, ke KWT Pertiwi!
:)

     

No comments:

Post a Comment