Sunday 27 January 2013

Kunjungan Detik.com Bandung

Jum'at 4 Mei 2012


Kunjungan kelas mata kuliah Penulisan Media ke Detik.com Bandung


Detik Bandung.com adalah portal berita online regional Jawa Barat, khususnya mencakup kawasan Bandung Raya. Berita online sendiri merupakan tempat dimana berita cetak dan siaran bertemu, berita online merupakan sebuah hibrida (perpaduan) yang telah mengubah konvensi pengiriman berita dan asumsi tradisional tentang posisi wartawan dalam produksi berita (Alysen 2006).
Narasumber menyebutkan bahwa pola yang diterapkan dalam penulisan berita online khususnya di Detikbandung.com, cukup hanya 3W+1H dan tidak perlu menerapkan pola 5W+1H yang umum di pakai dalam penulisan berita. Namun menurut Drs. AS Haris Sumadiria dalam bukunya menyatakan bahwa konsep berita dan kriteria umum nilai berita berlaku universal, yaitu berita ditulis dengan menggunakan teknik melaporkan, merujuk kepada pola piramida terbalik, dan mengacu pada rumus 5W+1H.
Selanjutnya menurut narasumber, terdapat tiga tahapan dalam pemrosesan berita. Pertama, proses pencarian berita, yaitu sumber berita bisa melalui liputan langsung ke lapangan, wawancara telepon, serta bisa juga mengutip dari media cetak dan televisi, atau lainnya. Lalu, tahapan kedua adalah pengolahan data-data yang di dapat menjadi berita yang utuh. Dan proses ketiga adalah pasca produksi, dimana koordinator liputan menilai (memverifikasi) berita mana yang bisa upload  dan mana yang tidak. Yang harus di perhatikan dalam verifikasi diantaranya penulisan berita, ejaan kata, dan tata bahasa.
Berita yang sudah di verifikasi internal kemudian harus di verifikasi oleh pihak lain. Setelah itu, barulah berita benar-benar bisa di upload ke website. Sistem upload berita mirip seperti blog yaitu berbasis HTML (Hyper Text Markup Language) yang memudahan menghubungkan dokumen dengan internet. Namun tentunya Detik bandung memliki template tersendiri. Proses upload berita biasanya selesai sekitar 2 hingga 3 detik, namun bila lebih dari waktu tersebut berita masih belum muncul, diindikasikan ada sesuatu masalah yang berkaitan dengan teknologi.
Detikbandung.com merupakan portal berita online dengan sirkulasi update berita per-detik yang dituntut untuk serba cepat dan aktual, hingga tidak jarang terjadi kesalahan dalam berita. Untuk memperbaiki kesalahan tersebut ada proses verifikasi ulang. Verifikasi ulang berita terbagi dalam dua jenis, yaitu: 1. Update, yaitu verifikasi terhadap berita dengan kesalahan yang tidak terlalu banyak, seperti kesalahan penulisan nama, lokasi, dll. 2. Ralat yaitu verifikasi terhadap berita yang memiliki banyak kesalahan.
Pemimpin di Detikbandung selalu menekankan untuk tidak ragu memverifikasi ulang berita jika memang terdapat kesalahan, tapi jangan sampai mencabut berita yang pernah di upload karena akan memunculkan kebingungan pada pembaca. Oleh karena itulah biasanya di cantumkan link dengan berita yang di muat sebelumnya ataupun dengan berita lain yang terkait. Menurut Alyssen (2006) Link merupakan Kemampuan untuk menghubungkan situs lain yang mungkin memperluas berita dan itu merupakan salah satu kekuatan dari berita online, link meningkatkan sejumlah pertimbangan praktis dan etis.
Tampilan halaman muka dalam berita Online hampir sama dengan berita koran, yaitu meletakan berita dan informasi penting pertama di kolom atas, agar dapat mudah terlihat, sehingga tidak “out of sight at the bottom”, selain itu studi menunjukkan bahwa pembaca online lebih gemar memindai teks ketimbang membaca setiap kata. Karena itulah berita harus menggunakan judul utama (headline) yang padat dan unik untuk menarik antusiasme pembaca. Menurut Janet Wilson, kata-kata yang digunakan dalam headline harus mewakili isi berita secara lengkap dan membuatnya relevan di benak pembaca. Adapun tata cara penulisan headline menurut Carole Rich yaitu  headline harus singkat, menggunakan kata kerja yang kuat, memasukan kata pertama dengan kata yang paling penting, menghindari headline yang bersifat artikel, jika subjeknya cukup menarik gunakan headline berbentuk pertanyaan, dan biasanya terdiri dari empat hingga enam kata.

No comments:

Post a Comment