Tuesday 1 January 2013

Mewariskan Kebaikan

Mamah dan papah, adalah sosok-sosok manusia yang kreatif. Papah, dengan segala pengetahuan umum yang begitu luas dan masih menempel dalam otaknya tersebut, membuatnya mempunyai banyak gagasan-gagasan dan pijakan untuk melangkah. Salah satu bukti dari betapa kreatif dan luasnya pengetahuan papah adalah, beliau (seakan) tidak ragu, mulai merintis bisnis di sektor pertanian, padahal sebelumnya papah tidak memiliki basic atau dasar keilmuan mengenai pertanian sama sekali. Bidang yang sedari dulu akrab dalam kehidupannya adalah mengenai mesin, pertambangan serta perminyakan. Dahulu papah sempat menjadi salah satu teknisi mesin di perusahaan penerbangan Garuda. Selepas itu, kemudian beliau bekerja di perusahaan minyak swasta, hinga sampai pada usia pensiun. Nah selepas pensiun, beliau merintis usaha di sektor pertanian khususnya yaitu jamur Tiram Putih. Ide untuk memulai bisnis tersebut sebenarnya berangkat dari kesukaannya mengkonsumsi jamur tiram. Dahulu papah senang sekali dengan jamur tiram. Dan untuk mendapatkannya, maka harus berbelanja di pasar. Sementara kualitas jamur yang ada di pasar juga tidak terlalu bagus.

Sedari beberapa tahun sebelum masa pensiunnya tiba, papah sepertinya sudah mulai memikirkan bisnis atau usaha apa yang kelak akan menghidupi keluarga. Dan bisnis jamur tiram lah yang dipilihnya. papah memulai bisnis dengan mengumpulkan berbagai informasi dari berbagai sumber  terlebih dahulu. banyak buku-buku mengenai jamur yang di bacanya. Selain itu, sumber lain yang paling membantunya hingga bisa mendirikan perusahaan (kecil-kecilan) Jamur Tiram seperti saat ini adalah Internet. Ya, papah begitu bijak dalam menggunakan Internet. "begitu mendapat informasi di internet, langsung di proses dan semaksimal mungkin di praktekan" begitulah ungkapnya saat berbincang bersama temannya bila ada yang menanyakan darimana belajar mengenai Jamur Tiram Putih. hehe dan saya menguping pembicaraan tersebut.

Perusahaan mulai di rintis sekitar tahun 2008, dengan nama Pondok Jamur Tiram RICHKY. lagi lagi, kreatifitas papah terlihat dari Penamaan perusahaan Jamur tersebut. RICHKY sebenarnya merupakan 'pelesetan' dari nama adik saya yang bernama Rizky. Rizky Sendiri mempunyai arti berkah atau segala bentuk kenikmatan. Lalu nama Rizky tersebut sedikit di utak atik dan agar terkesan unik serta menjual di pasaran, maka awalan Riz di ubah dengan menggunakan awalan RICH (bahasa Inggris) yang artinya kaya. Jadi filosofi dari RICHKY adalah kaya dengan berkah dan segala kenikmatan. hehe amin

cukup segitu dulu sepertinya tentang papah. Kini saya ingin mengulas sedikit tentang mamah yang juga kreatif dan berwawasan luas, terlebih berwawasan lingkungan.

sebagai wadah atau organisasi untuk aktualisasi para ibu-ibu petani, mamah merintis sebuah Kelompok Wanita Tani atau yang biasa di sebut dengan KWT. KWT yang mamah rintis kemudian di beri nama KWT Pertiwi. Nama Pertiwi tersebt diambil dari kepanjangan nama saya yaitu Pertiwi. Terharu sebenarnya, tapi saya bingung dan belum banyak berkontribusi pada KWT Pertiwi tersebut.

**

dengan melakukan upaya-upaya tersebut, sebenarnya papah dan mamah berupaya menjadi sosok guru yang nyata. mengamalkan semboyan "Tut Wuri Handayani" yang di  gagas Bapa Pendidikan kita Ki Hajar Dewantara, Terutama yaitu Ing ngarsa sung tulada. Yang artinya di depan (kami) memberi teladan dan contoh tindakan yang baik.

Setiap orang tua pastinya ingin  mewariskan kebaikan bagi anak-anaknya dan generasinya berikutnya.
terimakasih untuk mamah papah yang telah merintis warisan kebaikan bagi kami
:)

No comments:

Post a Comment