Friday 4 January 2013

Kunjungan ke Penerbit Gafindo



Rabu (2 Januari 2013) kemarin, kelas mata kuliah Penyuntingan dan Penerbitan kami melakukan kunjungan ke penerbit buku Grafindo yang berlokasi di Jl. Soekarno Hatta Bandung. Kunjungan tersebut sudah di rencanakan jauh-jauh hari oleh dosen kami, yaitu Ibu Arbaiyah Satriani atau yang biasa dipanggil bu Aan. Penerbit Grafindo Salamadani di pilih, karena beberapa buku yang ditulis bu Aan di terbitkan oleh penerbit tersebut.

Tujuan dari  kunjungan langsung ke penerbit, tentunya untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa secara langsung mengenai sistem atau hal-hal apa saja yang selama ini sudah di pelajari di kelas yang berkaitan dengan penyuntingan dan penerbitan buku. Kunjungan langsung ke media tersebut selain  mengedukasi, juga sebagai moment refreshing agar mahasiswa tidak melulu berkutat dengan hal-hal yang bersifat teoritis saja.

Ruang koleksi buku Grafindo Salamadani Bandung
Berdasarkan kesepakatan yang pernah di buat saat mata kuliah berlangsung di dalam kelas beberapa minggu lalu, kami harus sudah berkumpul di lokasi sekitar pukul 1 siang. Namun karena tempat penerbitan Grafindo tersebut ternyata agak masuk ke kawasan kompleks perumahan dan tidak berada di pinggir jalan besar, maka banyak mahasiswa yang kesulitan menemukan lokasi tersebut, termasuk saya. hehe. alhasil, Jadwal kegiatan yang rencananya akan dimulai pukul 1 siangpun ngaret beberapa menit.

**



Teman-teman mahasiswa saya, sedang melihat-lihat buku
yang di pajang di ruang koleksi buku
Kegiatan pertama dalam kunjungan tersebut adalah penyampaian materi mengenai Editor dan beberapa informasi mengenai penerbit Grafindo Salamadani, khususnya mengenai E-book. Materi editing dan editor buku di paparkan oleh kang Luthfi yang merupakan salah satu editor di Penerbit Grafindo. melalui pemaparan-pemaparannya, kami menjadi lebih tau seluk beluk mengenai editor buku dalam suatu penerbitan. Kang Lutfi memaparkan secara gamblang mengenai apa itu editor, seperti apa tugasnya, apa saja yang menjadi tanggung jawabnya, dan masih banyak lagi. Intinya, pemaparannya tersebut semakin berkontribusi melengkapi pengetahuan kami.

materi kedua mengenai penerbit Grafindo Salamadani yang katanya juga mulai menerapkan sistem digitalisasi buku atau yang di kenal dengan e-book.

selepas kegiatan pertama yang merupakan penyampaian materi tersebut, kemudian kami diajak untuk ke ruangan redaksi yang gedungnya terletak di seberang gedung koleksi buku.

No comments:

Post a Comment