Wednesday 26 December 2012

Meneliti Perilaku Mahasiswa Dalam Menggunakan Media Baru


Tugas mata kuliah Metode Penelitian Komunikasi Kuantitatif bersama dosen pengampu Ibu Santi Indra Astuti memang "sesuatu". beberapa temanku yang harusnya MPK Kuantitatifnya bersama dengan bu Santi, malah dengan sengaja pindah ke kelas yang lain, dengan dosen yang lain. Alasannya adalah karena malas dengan tugas-tugas bu Santi yang memang terkenal "sesuatu" tersebut. Tugasnya susah, dan mendapatkan nilainyapun susah. makanya beberapa temanku tersebut lebih memilih untuk cari aman dengan tidak memilih mata kuliah bersama bu Santi.

Belajar Metode Penelitian Bersama bu Santi, sebenarnya meski terbilang agak rumit, namun cukup menyenangkan juga bila di nikmati. Beberaa tugas sebelumnyanya, yaitu merangkum buku Metode Penelitian Komunikasi Kuantitatif nya Djalaluddin Rakhmat dengan tulis tangan di folio, tugas-tugas harian lainnya, uts yang cukup rumit, membedah Skripsi yang termasuk penelitian komunikasi Kuantitatif, dan kini tugas yang (sepertinya) terakhir adalah tugas melakukan riset atau penelitian. Sebenarnya, penelitian ini tdak murni sepenuhnya berasal dari oemikiran kita/mahasiswa, melainkan kita hanya tinggal menjalankan kerangka atau konsep penelitian sudah disiapkan, yaitu kita hanya tinggal terjun ke lapangan saja mencari data-datanya yang di perlukan. cara mendapatkan data adalah dengan menyebatkan kuisioner, yaitu berkas pertanyaan seputar hal-hal yang termasuk dalam tema penellitian.

Secara sistematis dan spesifik, jadi begini tugasnya :
Setiap orang harus membuat kelompok dengan jumlah anggota 6-10 orang. Lalu setelah kelompok terbentuk, setiap perwakilan kelompok, mengambil undian yang isinya adalah nama-nama fakultas di Universitas Islam Bandung (UNISBA). Ya, yang menjadi objek penelitian ini adalah mahasiswa-mahasiswa UNISBA yang masih aktif berkuliah, yang berasal dari berbagai (keseluruhan) fakultas yang ada di UNISBA. Diantaranya : fakultas ilmu komunikasi (Fikom), MIPA, Kedokteran, Teknik, Syariah, Dakwah, Tarbiyah, Hukum, Pasca Sarjana, Ushuluddin, dll.

kami hanya mendapatkan waktu sekitar satu minggu untuk menyebarkan kuisioner tersebut.

Suasana menjadi riuh, saat sesi pengambilan undian fakultas mana yang akan menjadi objek penelitian masing-masing kelompok. Setiap fakultas tentunya memiliki karakteristiknya masing-masing. Kalau Fikom begini, kalau kedokteran begitu, dan seterusnya. Jumlah mahasiwa setiap fakultas tersebutpun tentunya berbeda-beda. Beruntung sekali kelompok yang kebagian meneliti fakultas Dakwah angkatan 2010. Mengapa? sebab fakultas Dakwah angkatan 2010 tersebut katanya hanya sekitar 10 orang dalam satu angkatan, maka mereka yang melakukan penelitian dengan menyebar angket kepada mahasiswa fakultas Dakwah mendapatkan efektifitas. Hemat waktu dan hemat uang (hehe karena jumlah kuisioner yang harus di fotocopy tentunya tidaklah banyak). karena fakultas jumlah mahasiswa fakultas Dakwah 2010 tersebut hanya berjumlah 10 orang, maka julukan mereka katanya adalah Laskar Pelangi. hahaha Wah ada ada saja, pikirku.

"Bagi yang kebagian fakultas kedokteran, kalian harus pintar-pintar mengintervensi mereka di waktu-waktu luang mereka. saya tau fakultas kedokteran itu pasti sibuk!" Ucap bu Santi mewanti-wanti, sambil sedikit tersenyum.

aku dan kelompokku kebagian meneliti mahasiwa fakultas Teknik Angkatan 2010.

****

Deadline pengumpulan tugas adalah hari jumat (28 desember 2012), namun kami baru bergerak menyebar angket di hari ini, yakni hari Rabu. Itu artinya kami bergerak di H-2 deadline pengumpulan tugas. hahaha itulah karakteristik kebanyakan dari kami. Yakni, bila tugasnya adalah tugas kelompok, setiap anggota sulit berkumpul dengan utuh. Alhasil progress pengerjaan tugas pun tersendat-sendat.

Hari ini, kami memulai dengan meminta surat pengantar dari Ibu Santi, yang juga merupakan wakil dekan 1 Fikom. Surat tersebut untuk ditujukan kepada bagian fakultas Teknik, dalam rangka untuk mendapatkan data mahasiswa fakultas Teknik angkatan 2010. Data tersebut simple saja sebenarnya, yaitu berupa jumlah mahasiswa teknik 2010 satu angkatan, dan jumlah dari masing-masing program sutdi atau prodi. Fakultas Teknik, layaknya Fikom, yaitu terbagi menjadi 3 Prodi. Prodi Fakultas Teknik UNISBA yaitu Teknik Industri (TI), Teknik Pertambangan (Tambang), dan Teknik Perencanaan Lingkungan (Planologi).

No comments:

Post a Comment