Saturday 15 December 2012

Resensi Buku "Membaca Isu Politik"



Judul               : Membaca Isu Politik
Penerbit           : LKIS Yogyakarta
Penulis            : Denny J.A

Masyarakat menurut sebuah dictum adalah buku yang terbuka, maka ayat pertama yang mesti dipahami seorang aktivis adalah seruan membaca; bacalah masyarakat sebagaimana layaknya membaca buku. Jika dalam buku ada huruf, kata dan kalimat, maka dalam masyarakat ada kepentingan, ilusi, dan harapan.
Sejak menjadi aktivis mahasiswa di pertengahan dekade delapan puluhan, Denny J.A yang kini memimpin Lingkaran Survei Indonseia (LSI) yaitu sebuah lembaga riset dan konsultan kampanye pertama dan berskala nasional, mulai melatih diri membaca masyarakat melalui isu politik yang bergulir di kesadaran publik. Sedari mahasiswa dulu, ia mulai mempelajari aneka peristiwa sosial, sebagaimana di sekolah dasar ia belajar merangkai kata menjadi kalimat.
Tulisan dalam buku yang berjudul “Membaca Isu Politik” yang diterbitkan oleh penerbit LKIS Yogyakarta ini, merupakan kumpulan artikel terpilih mengenai isu politik di Tanah Air yang pernah di muat di berbagai media nasional, yaitu semacam rekaman isu publik di kepala seorang intelektual muda sejak tahun 1986-1991.
Karena sifat tulisannya yang mengejar aktualitas, maka tulisan-tulisan artikel tersebut lebih bersifat sebagai potret sekejap ketimbang lukisan mendalam. Jika di ibaratkan dengan kegiatan memindahkan gambar alam ke kertas, tulisannya tersebut lebih merupakan kerja seorang juru foto yang dikejar deadline, ketimbang kerja seorang pelukis yang sengaja ingin menikmati alam dan meletakkan citra dirinya didalam lukisan tersebut sehingga proses pengerjaan lukisan yang lama.
Secara lebih rendah hati lagi Denny J.A menganggap, kumpulan tulisan-tulisan artikel dalam bukunya tersebut lebih sebagai tulisan yang dibuat atau diketik ketika sang penulis mulai belajar mengeja dalam membaca masyarakat. Mengeja secara perlahan sambil sekali dua kali membuat kesalahan dalam pelafalan bacaan.
Dalam bukunya yang berjudul “Membaca Isu Politik” tersebut Denny J.A memiliki keyakinan, tidak ada jejak pemikiran yang tergores sia-sia. buku ini cocok bagi para generasi muda terlebih bagi mahasiswa yang baru belajar kritis terhadap isu-isu politik, yaitu dengan memperkuat terlebih dahulu dasar pijakan dari isu-isu politik yang sudah lama terjadi. Dengan begitu akan membantu kita menjadi lebih peka dan paham dalam bagaimana semestinya membaca Isu Politik yang saat ini sedang bergulir.

No comments:

Post a Comment